Saturday, September 7, 2024

Wedding Batak Exhibition 2024 : Promosi Budaya Melalui Cinta dan Tradisi

Helaparumaen dan Chataulos dengan bangga menyelenggarakan Wedding Batak Exhibition 2024, pameran vendor pernikahan Batak pertama di Indonesia. Acara berlangsung pada Sabtu dan Minggu, 7 - 8 September 2024, bertempat di SMESCO Convention Hall Lt.2 Jakarta. Berbagai vendor pernikahan adat Batak dihadirkan dalam satu kesempatan, seperti ulos, songket, gaun, dekorasi, penata rias (MUA), catering, fotografi, dan lainnya.


wedding batak exhibition
Bapak Trimedia Panjatinan (pojok kiri) dan Ibu Martha Sirait br. Napitupulu membuka acara Wedding Batak Exhibition 2024 pada Sabtu (7/9) di SMESCO Jakarta
Dokumentasi : Pribadi


Promosi Kekayaan Budaya Batak Lewat Pernikahan

Salah satu cara mempelajari kebudayaan suatu daerah adalah melalui pernikahan. Melalui pernikahan, kita tidak hanya menyaksikan penyatuan dua individu, tetapi juga melihat cerminan nilai-nilai budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi. Setiap prosesi, simbol, dan upacara dalam pernikahan adat mengandung makna mendalam yang mencerminkan kearifan lokal dan pandangan hidup masyarakatnya.

Martha Simanjuntak, Project Director Wedding Batak Exhibition 2024 menyatakan bahwa acara ini bertujuan lebih dari sekedar pameran.

"Ini adalah platform yang dirancang untuk mempertemukan pada vendor pernikahan Batak dan nasional dengan calon mempelai, sekaligus memberikan ruang bagi talenta muda untuk menampilkan keterampilan dan kreativitas mereka dalam fashion, musik, dan tarian tradisional Batak", ungkapnya.

Dengan slogan "Batak untuk Indoneisa", diharapkan masyarakat luas dapat melihat bahwa budaya Batak tidak hanya relevan bagi masyarakat Batak saja, namun juga mampu memberikan inspirasi dan nilai-nilai yang dapat diapresiasi oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.


Berbagai vendor pernikahan tersedia di Wedding Batak Exhibition
Dokumentasi : Pribadi


5 Budaya Batak Utama

Wedding Batak Exhibition juga memiliki misi mempromosikan budaya pernikahan Batak yang unik dan beragam. Banyak orang sering menyebut "Batak" secara umum, tetapi sebenarnya budaya Batak terdiri dari beberapa suku yang masing-masing memiliki ciri khas dan tradisi yang unik. Ada lima budaya utama dalam suku Batak, yaitu: Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, dan Batak Mandailing.

Pesona para pengantin dari 5 budaya Batak yang utama
Foto : Instagram @weddingbatakexhibition


1. Batak Toba

Batak Toba adalah suku yang paling dikenal dari suku Batak dan sering diidentifikasi sebagai "Batak" oleh banyak orang. Mereka umumnya tinggal di sekitar Danau Toba. Pernikahan adat Batak Toba, seperti prosesi martumpol dan ulos yang khas, sering menonjolkan nilai-nilai persatuan marga dan penghormatan kepada leluhur.


2. Batak Karo

Batak Karo memiliki bahasa dan tradisi yang berbeda dari Batak Toba. Mereka tinggal di wilayah Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Dalam pernikahan adat Karo, salah satu ciri khasnya adalah upacara ngembah belo selambar, yang merupakan bagian dari perjanjian pernikahan. Upacara ini menonjolkan semangat kolektivisme dan kerjasama antar keluarga.


3. Batak Pakpak

Batak Pakpak umumnya tinggal di Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat. Budaya mereka memiliki beberapa perbedaan dalam hal bahasa, seni, dan adat. Prosesi pernikahan Batak Pakpak sering melibatkan musik dan tari tradisional, serta penghormatan terhadap alam dan leluhur.


4. Batak Simalungun

Batak Simalungun berasal dari daerah sekitar Kabupaten Simalungun. Bahasa dan tradisi mereka juga berbeda dari suku Batak lainnya. Pernikahan adat Simalungun sering menekankan pentingnya upacara adat mangadati, yang merupakan simbol penyatuan dua keluarga besar dengan segala nilai kebersamaan dan kerukunan.


5. Batak Mandailing

Batak Mandailing, yang kebanyakan menganut agama Islam, memiliki adat istiadat yang berbeda dibandingkan dengan suku Batak lainnya yang kebanyakan Kristen. Masyarakat Mandailing tinggal di wilayah selatan Sumatera Utara dan memiliki tata cara pernikahan yang berbeda, yang mencerminkan pengaruh Islam dan nilai-nilai adat Mandailing.


Temui Berbagai Vendor Pernikahan Adat Batak dalam Satu Waktu

Menghadiri pameran pernikahan sangat direkomendasikan untuk para calon pengantin saat ini. Bagaimana tidak, calon pengantin dapat menemukan berbagai vendor kebutuhan pernikahannya dalam satu waktu dan lokasi. Hal tersebut dapat membuat persiapan pernikahan menjadi lebih efektif dan efisien, apalagi persiapan pernikahan biasanya dilakukan hanya pada akhir pekan atau di sela-sela sibuknya pekerjaan masing-masing.

Wedding Batak Exhibition 2024 menghadirkan beragam vendor pernikahan dengan banyak pilihan. Bahkan calon pengantin bisa langsung melakukan test food di beberapa booth catering yang tersedia. Apalagi banyak vendor yang memberikan potongan harga atau bonus menarik jika calon pengantin langsung melakukan pemesanan saat pameran. Hal tersebut bisa menghemat budget pernikahan, bukan?





Para pengunjung sedang berdiskusi dengan vendor pernikahan di Wedding Batak Exhibition 2024
Dokumentasi : Pribadi

"Selain pameran vendor pernikahan, Wedding Batak Exhibition 2024 juga akan diisi oleh berbagai kegiatan menarik seperti talkshow, fashion show, konser musik, pameran budaya, juga kompetisi MUA." ujar Hongkia Doni Silalahi, Program Director WBE 2024.

Semoga kegiatan ini dapat terus berlangsung di tahun-tahun berikutnya agar masyarakat dapat mengenal, menghargai, dan merayakan budaya serta tradisi Batak. Horas!

No comments :

Post a Comment